Profile

Tancapkan Budi di Jantung dan Hati
Sehingga Budi tiada pernah Mati

Wilson Arafat dilahirkan di Tanah Siwijaya. Dia dibesarkan oleh keluarga Guru yang sangat mementingkan pendidikan. Masa kanak-kanak dilewatinya di Kota Palembang hingga genap menamatkan SMA dan berhasil mencapai prestasi dengan meraih NEM tertinggi serta selalu menjadi bintang kelas.

Pada tahun 1991, Wilson Arafat melanjutkan pendidikan di ‘Kota Gudeg’ sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP). Wilson Arafat telah terbiasa menggeluti berbagai pekerjaan sejak mahasiswa, diantaranya menjadi: Peneliti pada FE-UGM, Pusat Konsultasi Pengusaha Kecil (PKPK) FEUGM dan Agung Consulting Group (ACG), selain mengajar pada FE UGM dan STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Pada tahun 1996, Wilson Arafat diwisuda menjadi Sarjana Ekonomi dan bekerja sebagai Staf Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Negara, Departemen Keuangan RI dan kemudian menjadi bankir di salah satu Bank BUMN. Kemudian, Wilson Arafat mendapatkan kepercayaan menjalankan beasiswa dari perusahaannya untuk melanjutkan studi pada Program Magister Manajemen UGM, Kelas Eksekutif, yang Dia selesaikan dengan predikat cumlaude pada tahun 2004.

Setelah bekerja, Wilson Arafat terus mengasah keahlian tentang Good Corporate Governance (GCG) di University of Birmingham, Inggris dan SAI Global, Sydney, Australia. Selain itu, berguru ke INSEAD, Perancis, salah satu universitas terkemuka dan terbesar di Eropa, untuk mempertajam kemampuan leadership.

Wilson Arafat secara konsisten telah menunjukan integritasnya pada bidang GCG selama dekade terakhir. Karya-karyanya tidak hanya diakui oleh berbagai lembaga terkemuka di dalam negeri, namun lebih dari itu, diapresiasi pada tingkat internasional. Terakhir, Wilson Arafat monoreh prestasi yang membanggakan sebagai delegasi yang mewakili Indonesia pada ajang “8th International Conference on Corporate Governance: Corporate Governance and Sustainability”; Previous international conferences organised by the Centre for Corporate Governance Research, Birmingham Business School (23/06/2010). Cristine Mallin, Guru Besar Keuangan dan GCG dari Birminghmam Business School memberikan acungan jempol kepada karya Wilson Arafat dengan menyatakan bahwa pemikiran, strategi dan atau framework yang digagas sungguh menarik; sehingga sangat layak untuk dijadikan sebagai acuan dalam rangka membumikan GCG pada suatu perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>